Friday 24 March 2017

Tutorial Menghubungkan Router Cisco ke Laptop

Router Cisco adalah satu perangkat router yang memiliki fungsi yang sama seperti router router pada umumnya. Fungsi utama router sendiri adalah sebagai jembatan yang menghubungi dua netwok id yang berbeda.  Router cisco sendiri memiliki beberapa nomor seri. Semakin tinggi serinya akan semakin lengkap dan canggih fitur fitur yang disediakan oleh router tersebut. Nah untuk postingan kali ini saya menggunakan Router seri 1841. 

Router Cisco memiliki operating sistem seperti pada komputer yang kita gunakan sehari hari. Operating pada Cisco disebut disebut dengan IOS. IOS ini yang digunakan oleh pengguna untuk melakukan konfigurasi seperti memberikan ip address, Membuat Vlan, routing dan lain lain. IOS ini dapat kita operasikan menggunakan CLI (Command Line Interface) yang mirip seperti kita mengkonfigurasi linux server menggunkan terminal.

Untuk langkah awal yang harus disiapkan adalah 
1) satu perangkat router Cisco
2) kabel console port serial
3) kabel konverter rs232 to usb
4) kabel power
5) kabel power
6) laptop
7) software putty


Perangkat router ini adalah tipe 1841 dengan spesifikasi dapat anda lihat di LINK BERIKUT

konfigurasi router 1841


Jika dilihat pada bagian belakang router ini bersifat modular, artinya perangkat kartu jaringan dapat kita tambahkan. Perhatikan gambar modul perangkat HWIC (High Speed Wan Interface Card.
module hwic cisco

Anda dapat memasang kartu tersebut pada slot 0 atau slot 1 seperti gambar dibawah ini
konfigurasi router 1800

Kemudian untuk menghidupkan perangkat router ini dibutuhkan 2 kabel yaitu kabel console seperti berikut
menghubungkan router dengan kabel console

Pada kabel console ini memiliki port db9 fimale (rs 232). Permasalahannya adalah pada laptop generasi sekarang sudah tidak ditemukan lagi port rs 232. Maka dari itu kita harus menggunakan konverter menggunakan db9 male to usb. tampilan gambar sebagai berikut
konverter db9 console cisco

Langkah terakhir adalah memasang kabel power ke router agar perangkat mendapatkan daya listrik.

Setelah perangkat sudah siap. Hubungkan kabel console pada port rj45 console dirouter cisco. Kemudian sambungkan converter kabel db 9 fimale dengan db9 male. Pasang dan colokkan kabel converter dengan usb yang ada pada laptop/komputer kita. Nyalahkan saklar power (ON) pada router cisco yang telah terhubung dengan listrik.
menghubungkan router dengan laptop

Pada komputer, siapkan software putty untuk dapat mengakses router. Ketika kabel console sudah terdeteksi pada komputer lihatlah informasi port COM pada device manager. Jika dilihat pada gambar dibawah ini, laptop saya mendeteksi port COM5.

menghubungkan router dengan kabel console

Buka putty dan lakukan konfigurasi berikut. Klik pada menu serial dan isikan pada kolom serial line to connectt to dengan COM6 sesuai dengan device manager. Pada kolom Speed isikan nilai 9600.


Berikutnya pada bagian session isikan hal yang sama seperti diatas kemudian beri nama pada saved session dan simpan konfigurasi agar kita tidak selalu menseting saat mengakses router. 

Klik nama session yang tadi kita buat kemudian "load" dan open. maka tampilan cisco aka terbuka seperti berikut.

Sampai dengan saat ini anda sudah dapat melakukan konfiguasi pada router cisco. Materi selanjutnya adalah mengenal perintah perintah dasar pada router cisco(andry maulana). 


1 comments:

  1. Bardzo fajnie napisane. Jestem pod wrażeniem i pozdrawiam.

    ReplyDelete