Friday 1 April 2016

Perangkat Keras Jaringan

Untuk membangun sebuah jaringan komputer dibutuhkan peralatan pendukung yang biasa disebut perangkat keras jaringan komputer. Perangkat perangkat ini lah yang berfungsi menghubungkan komputer dengan komputer yang lainnya dan membentuk jaringan komputer yang saling terhubung. Bagi anda yang baru mempelajari jaringan komputer inilah yang harus memahami setiap fungsi dari perangkat tersebut. Kekurangan dalam mempelajari jaringan komputer adalah anda harus mengeluarkan uang untuk membeli peralatan dasar untuk mempelajari jaringan komputer. Ada banyak perangkat yang dibutuhkan dalam membangun jaringan komputer. Sebagian yang akan dibahas secara singkat yaitu :

Router 

Router adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa network. Ingat pembahasan ip address yang lalu. Bahwa setiap network yang mempunyai identitas (network id) yang berbeda tidak bisa terkoneksi. Nah disinilah peranan router yang dapat menyatukan dan menghubungkan dua atau lebih jaringan yang berbeda identitasnya.

Sebuah  router memiliki kemampuan routing. Artinya router secara cerdas dapat mengetahui kemana rute(arah tujuan) perjalanan informasi akan dilewati. Apakah ditujukan untuk host lain yang satu network ataukah yang berbeda network. Jika paket data yang dikirimkan untuk host yang berbeda maka router akan meneruskan ke netwok tersebut. Sebaliknya jika paket data yang dikirimkan masih dalam satu netwok maka router akan menghalang paket yang keluar, sehingga paket paket tersebut tidak akan membanjiri netwok yang lain.

Hub

Hub bekerja sebagai konsentrator dalam jaringan. Secara teoritis, hub sendiri adalah sebuah hardware atau perangkat keras yang merupakan suatu central connection point pada suatu jaringan, yang berfungsi untuk menerima sinyal dari server atau host dan kemudian mentransmisikannya ke client yang akan membentuk suatu jaringan. Jika hub mengirimkan informasi data ke suatu host, maka hub akan membroadcast informasi tersebut ke semua host yang ada dalam suatu jaringan Kondisi ini menyebabkan membanjirnya traffic(lalu lintas) dalam jaringan. Oleh sebab itu hub hanya digunakan pada network dengan sekala kecil saja.

Bridge

Bridge atau yang disebut juga transparent bridge merupakan perangkat jaringh\an yang digunakan untuk menghubungkan dua buah LAN atau membagi LAN menjadi dua buah segmen yang bertujuan untuk mengurangi traffic. Fungsi bridge akan sangat terasa apabila anda berada di dalam lingkungan instansi besar, yang terdiri dari beberapa ruangan kantor atau divisi yang letak gedungnya berjauhan. Seluruh komputer antar gedung akan dapat tetap saling terhubung dengan satu jaringan LAN induk dengan menggunakan bridge.
jangan salah membedakan bridge dengan router. Pada bridge tidak mengenal istilah subnet. Pada bridge juga tidak dapat membedakan network protocol address sehingga apapun protocol address akan diloloskan oleh bridge. Bridge tidak mengenal pengalamat logika (ip address) tetapi hanya mengenal pengalamat fisik yaitu mac address. 


Switch

Cara kerja switch mirip dengan bridge hanya saja switch memiliki banyak port sehingga kadang switch dikatakan sebagai multiple bridge. Switch berbeda dengan hub. Jika hub mengirimkan informasi data ke suatu host maka hub akan membroadcast informasi tersebut ke semua host lain halnya dengan switch. Switch dapat mempelajari alamat hardware host tujuan, Sehingga informasi akan langsung dikirim kepada alamat tujuan.
Seiring perkembangan zaman maka semakin meningkatnya pula fungsi switch. Beberapa switch memiliki fungsi yang sama seperti router yaitu teknik routing. Switch inilah yang disebut MLS (multi layer switch). Switch yang diproduksi oleh beberapa vendor memiliki perbedaan. Ada switch yang dapat di manage (manageable switch) yaitu switch yang dapat diperintah dengan perintah perintah tertentu oleh administrator jaringan. Ada juga switch yang tidak bisa dimanage (non manageable switch) yang artinya fungsi switch hanya sebagai penghubung antar jaringan saja.


Access Point

Apabila anda mengetahui bahwa router memilki fungsi yang sama seperti access point, lalu apa keunggulan dari access point? Access point memiliki keunggulan, yaitu harganya yang lebih murah dibandingkan dengan router, serta pengaplikasiannya yang jauh lebih sederhana.
Acces point hanya digunakan untuk memancarkan sinyal wireless yang diterima dari router ataupun broadband untuk membuat suatu jaringan WLAN atau wireless area network. Fungsi ini jauh lebih sederhana apabila dibandingkan dengan router, yang memiliki fungsi yang sangat kompleks dan banyak.

Ethernet Card

Ethernet card atau yang biasa disebut NIC(Network Interface Card) adalah kartu jaringan yang berfungsi menghubungkan komputer dengan jaringan. NIC biasanya sudah tertanam pada komputer atau laptop. NIC menyediakan koneksi antara PC dan media fisik jaringan seperti kabel UTP, Coaxial atau Fiber. Ada banyak merek kartu jaringan yang dikeluatkan oleh vendor network dari harga yang mahal dengan kualatias terbaik dan kecepatan tinggi sampai dengan harga yang murah.
Sebuah NIC tidak hanya bertugas mengatur koneksi ke komputer namun juga  melakukan konversi data. NIC juga menyediakan sistem pengalamat yang digunakan untuk mendapatkan informasi dari komputer satu ke koputer lainnya. Saat ini NIC juga mempunyai model wireless untuk menghubungkan jaringan via nirkabel. 
Inilah sekilas penjelasan singkat mengenai beberapa perangkat jaringan. Perangkat perangkat ini banyak dijual dipasaran dari harga murah sampai harga yang cukup mahal. Dari kualitas terbaik dan kualitas rendah. peralatan inilah yang penting untuk anda yang sedang mempelajari jaringan komputer. Setelah anda mengetahui beberapa perangkat diatas kemudian anda harus mengetahui bagaimana data ditransmisikan menggunakan perangkat tersebut yang akan dijelaskan pada pembahasan berikutnya(Andry Maulana).

0 comments:

Post a Comment