Monday 23 May 2016

Membuat FTP server dengan vsftpd

FTP atau kepanjangan dari File Transfer Protocol adalah suatu protokol dalm jaringan yang berfungsi untuk memberikan layanan dalam berbagi file. Dua hal yang paling penting dalam membangun FTP yaitu adanya FTP Server dan FTP Client. Pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana membangun FTP server pada Ubuntu server. Versi yang saya gunakan pada ubuntu server kali ini adalah versi 12.04. sebenarnya konfigurasi ini juga tidak berbeda pada versi sebelumnya atau versi terbarunya.


Tujuan dari FTP server adalah sebagai berikut :
• Untuk tujuan sharing data
• Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer
• Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user
• Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien

Banyak aplikasi untuk membangun ftp server seperti proftpd, vsftpd, fireftp, dll. Akan tetapi saya akan gunakan aplikasi yang sudah umum dan banyak keterangannya di internet jika konfigurasi yang saya berikan tidak jalan anda bisa mencari referensi diluar sana. Sebelum masuk ke konfigurasi saya sarankan anda membaca terlebih dahulu konfigurasi awal pada server ubuntu. Didalamnya terdapat konfigurasi ip dan dns agar anda tidak bingung dalam menentukan ip address untuk server dan clientnya.

pertama silahkan anda masuk kemode administrator pada linux ubuntu dengan perintah  dibawah ini kemudian masukan password user anda. 
andry@unijarkom: ~ # sudo-i

root@unijarkom: ~ # apt-get install vsftpd
Setelah itu install aplikasi vsftpd dengan menggunakan perintah diatas. Tunggu hingga proses instalasi selesai. Patut menjadi perhatian adalah jika pada proses instalasi anda mengalami kegagalan atau error. Maka anda wajib mengecek kepada :
1) konfigurasi IP
2) konfigusi DNS
3) update repositori dengan perintah "apt-get update"

Ketika proses instalasi selesai maka anda harus menkonfigurasi file FTP server agar dapat digunakan oleh client. Untuk file konfigurasinya ada pada direktori "nano /etc/vsftpd.conf ". Jika sudah edit beberapa konfigurasi dibawah ini. Saya harap anda tidak salah menghapus beberapa konfigurasi atau salah penulisan. Pada server linux memiliki aturan case sensitive yaitu besar kecil huruf yang dituliskan akan berpengaruh pada hasil konfigurasi. cari tulisan dibawah ini pada file vsftpd.conf :
1) anonymous_enable = No (ubah dari YES ke NO)
2) local_enable = YES (hilangkan tanda # )
3) write_enable = YES (hilangkan tanda # )
4) ftpd_banner = Selamat datang di server FTP saya (hilangkan tanda # dan ganti banner sesuka anda)
5) Tambahkan konfigurasi ini pada baris paling bawah tanpa kurung ()
userlist_enable=YES       (perintah untuk mengaktifkan user yang berhak masuk ke ftp server)
userlist_deny=NO            (perintah untuk menonaktifkan user yang berhak masuk ke ftp server)
userlist_file=/etc/vsftpd/allowed (perintah untuk mendaftarkan user yang berhak masuk ke ftp server)

Setelah semua konfigurasi telah selesai. Silahkan save dengan menekan (CTRL + X) pilih YES. Kemudian restart service dari vsftpd dengan menggunakan perintah "/etc./init.d/vsftpd restart". Perhatikan pesan yang muncul jangan sampai ada error. jika terjadi error berati ada konfigurasi yang telah salah anda lakukan.

Langkah Selanjutnya adalah bahwa anda membuat direktori bernama vsftpd sebagai tempat menampung user user yang berhak masuk ke FTP server dengan perintah "mkdir /etc/vsftpd".  kemudian buat file bernama allowed.txt didalam direktori/folder vsftpd dengan perintah "nano /etc/vsftpd/allowed". daftarkan beberapa user yang anda kehendaki seperti contoh andry,budi,santoso, dll. perhatikan gambar dibawah ini :
Setelah User user tersebut kita daftarkan. Langkah selanjutnya adalah membuat user beserta passwordnya. Buat user tersebut dengan menggunakan perintah "adduser budi". dalam account ftp 1 user ini bisa dipakai oleh banyak orang.

Pembuatan Server FTP selesai sampai disini. Sekarang waktunya untuk mencoba apakah FTP dapat dijalankan pada client. Silahkan anda buka komputer client yang terhubung pada server atau dalam satu jaringan yang sama. disini saya gunakan windows XP sebagai clientnya. Pada address bar ketikan ftp://alamat ip server.
Jika berhasil anda diharuskan login. bila tampilan login tidak muncul silahkan ke menu File - Login As yang berada di pojok kiri atas. kemudian masukan user dan password yang telah kita buat.
Ada beberapa cara juga untuk masuk kedalam server ftp. Salah satunya dengan menggunakan browser dengan mengetikan alamat yang sama yaitu ftp://alamat ip server atau dengan menggunakan menggunakan aplikasi FTP Client bernama filezilla. Anda tinggal memasukan alamat ip, username dan passwordnya dan port untuk FTPnya yaitu port 21.



  • membuat ftp server
  • ftp server dengan vsftpd
  • konfigurasi vsftpd di linux ubuntu
  • membangun vsftpd dengan ubuntu server
  • ubuntu server dan vspftp

0 comments:

Post a Comment