Wednesday 9 November 2016

Mengganti Nama Ethernet Pada Ubuntu 16.04

mengganti enp2s0, mengganti enp8s0, mengganti nama ethernet
Pada saat anda menginstal linux Ubuntu versi 15.00 keatas , maka anda akan menemukan perbedaan ketika melakukan konfigurasi Ethernet card. Bagi anda yang terbiasa menggunakan versi sebelumnya, penggunaan nama Ethernet akan ditandai dengan “eth0”. Jika anda menpunyai dua interface card maka system akan menandai dengan “eth0 dan eth1”. Perbedaan diversi terbaru bukan hanya dari segi penulisan, tetapi berimbas terhadap koneksi ke internet.

Mencoba bertanya pada forum ubuntu indonesia akhirnya dapatlah jawaban dari seorang rekan diforum. Saya ucapkan terima kasih atas jawabannya. Beliau memberikan referensi pemecahan masalahnya dari LINK ini. Setelah mencoba dan berhasil, saya juga mau donk menyebarkan ilmu yang telah saya dapat untuk mahasiswa saya di unijarkom ini hehehe. Baiklah langka langkanya seperti berikut :
  • Loginlah anda sebagai superuser (root) pada terminal.
  • Setelah anda berstatus sebagai root, kita akan mengedit file group yang ada pada direktori /etc/default/
mengganti enp2s0, mengganti enp8s0, mengganti nama ethernet
  • Masuk pada konfigurasi file grub dan cari baris GRUB_CMDLINE_LINUX = “”.  dan ubah menjadi seperti berikut,
mengganti enp2s0, mengganti enp8s0, mengganti nama ethernet
  • update grub dengan perintah berikut.
mengganti enp2s0, mengganti enp8s0, mengganti nama ethernet

Sekarang cek perangkat anda dengan perintah "ifconfig" maka Ethernet sudah berubah menjadi “eth0” untuk Ethernet 1 dan “eth1” untuk Ethernet 2. Sekarang kita coba lakukan tes koneksi ke internet dengan cara “ping google.com” dan kita bisa lihat sekarang server sudah dapat melakukan akses internet yang nantinya akan digunakan untuk mengupdate system dan mendownload beberapa service yang dibutuhkan dari repository online (Andry Maulana).

0 comments:

Post a Comment