Thursday 11 January 2018

wildcard mask dan subnetting



wildcard mask on subneting
Selamat sore semuanya kembali lagi di pembahasan kita pada kali ini. Sesuai dengan janji saya kemarin saya akan melanjutkan pembahasan tentang wildcard mask. Kemarin saya sudah jelaskan pengertian dan konsep penerapannya pada routing ospf. Wildcard yang telah saya jelaskan kemarin jika diterapkan pada ip address class full.

Penerapan wildcard mask pada ip address class less dan pada subneting sebenarnya tidaklah jauh berbeda. Sebelum itu jika anda lupa tentang ip address class less dan subneting silahkan anda membaca tulisan saya yang membahas keduanya.  Jika kita kembali pada pembahasan kemarin maka wildcard mask memiliki aturan sebagai berikut :

1) wildcard mask memiliki nilai biner 0 dan 1
2) wildcard mask ditulis dalam bilang biner maksimal 255
3) wildcard mask bernilai 1 jika subnet masknya 0 dan bernilai 0 jika subnet masknya 1
Sekarang kita terapkan pada subneting yang memiliki konsep CIDR. Untuk mempermudah, saya cantumkan kembali tabel ip address dengan semua nilai prefixnya sebagai berikut. 

wildcard mask in subneting

Jika pada routing ospf menggunakan ip address sebagai berikut: 
interface gigabyte 0/0 = 172.16.12.3/20
interface gigabyte 0/1  = 192.168.10.20/27

wildcard mask on ip class less
Maka pada router 0 kita dapat konfigurasikan seperti dibawah ini. 
Router(config)#router ospf 10
Router(config-router)#network 172.16.0.0 0.0.15.255 area 0
Router(config-router)#network 192.168.10.0 0.0.0.31 area 0
Router(config-router)#exit

Pada tulisan yang saya berikan cetak tebal itu adalah wildcard masknya dengan rincian sebagai berikut.

wildcard mask in ip class less

wildcard mask and ospf

Nilai pada subnet mask dengan prefix /20 adalah 255.255.240.0 Maka jika kita mengitung dengan cara tercepat adalah dengan mengurangi nilai 255-240 = 15. Nilai dari desimal 15 bila kita konversikan kedalam bentuk biner adalah 00001111. 

configure ospf and wildcard mask

Begitu juga dengan nilai prefix /27 adalah 255.255.255.224. Maka dihitung dengan mengurangi nilai 255-224 = 31. Nilai 31 jika kita konversikan kedalam biner maka didapatlah 00011111.

penerapan subnet mask pada routing ospf

Pada kesimpulan pembahasan ini adalah anda dapat dengan mudah menentukan nilai suatu wildcardmask dengan cara mengurai nilai subnetmask (255) dengan nilai subnet mask dari prefix yang kita tentukan. Silahkan anda dapat mencoba dengan nilai prefix subnetting lainnya seperti /11, /14, /28 dsb. Semoga materi yang saya sampaikan dapat dipahami dengan jelas. Jika ada pertanyaan silahkan tanyakan pada kolom komentar dibawah ini (andry)

1 comments: